Friday, September 23, 2011

AGTI




Dalam rangka meningkatkan pemahaman IFRS khususnya bagi pelaku  keuangan di masa depan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Akuntansi STIE Indonesia Banking School menyelenggarakan suatu kegiatan sosialisasi tentang dampak konvergensi IFRS pada lembaga-lembaga terkait melalui seminar, yaitu ACCOUNTING GOES TO IBS (AGTI) 2011 dengan tema Move With the New Accounting Standards. Kegiatan ini merupakan suatu media bagi mahasiswa khususnya jurusan akuntansi untuk menambah wawasan dalam  mengembangkan ilmu akuntansi pada umumnya dan akuntansi perbankan pada khususnya berdasarkan standar Internasional yang terbaru.

Pada awalnya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) mengacu pada standar akuntansi Amerika Serikat yaitu General Acceptance Accounting Principles (GAAP). Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional yang ada di Indonesia, maka GAAP dinilai kurang efektif. Mengacu pada masalah tersebut maka dibuatlah suatu standar laporan keuangan secara internasional yang dinamakan International Financial Reporting Standard (IFRS) yang saat ini mulai diadopsi PSAK. IFRS sangat bermanfaat bagi perusahaan khususnya perusahaan go public karena meningkatkan daya ketertandingan (comparability). Hal ini akan memudahkan shareholder untuk membandingkan performance entitas dengan perusahaan sejenis di luar negeri. Konvergensi IFRS itu sendiri akan diterapkan pada tahun 2012 mendatang.

Mahasiswa harus membekali dirinya tidak hanya dengan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan tetapi juga mengembangkan dirinya melalui kegiatan yang dapat menunjang disiplin ilmu dan pengembangan wawasan mengenai isu terbaru. Beranjak dari pemikiran tersebut, HMPS Akuntansi STIE Indonesia Banking School mempersembahkan suatu seminar eksternal untuk memperkenalkan kepada mahasiswa Akuntansi baik mahasiswa IBS maupun dari universitas lain.

Harapan kami sebagai panitia penyelenggara AGTI 2011 adalah agar mahasiswa mendapatkan informasi yang up to date sehingga dapat berguna dalam dunia usaha ataupun dunia kerja.

Tujuan kegiatan
  1. Menambah pengetahuan tentang standard pelaporan keuangan Indonesia
  2. Menambah wawasan tentang isu-isu terbaru akuntansi
  3. Memberikan informasi yang akurat terhadap isu yang sedang berkembang mengenai perubahan standard pelaporan keuangan
  4. Sosialisasi revisi PSAK yang mengacu pada IFRS
  5. Mengasah kemampuan peserta untuk mendefinisikan IFRS secara luas
  6. Sosialisasi PSAK 50 dan 55 (Revisi 2006) dan implementasinya dalam perbankan
  7. Membantu mahasiswa untuk lebih handal dalam bidang akuntansi
Dasar Penyelenggaraan
Dasar penyelenggaraan AGTI 2011 adalah program kerja HMPS Akuntansi STIE Indonesia Banking School periode 2010-2011. Untuk diketahui bahwa acara AGTI 2011 ini sendiri merupakan acara lanjutan dari acara AGTI 2010.

Peserta Kegiatan
Target peserta AGTI 2011 adalah  mahasiswa jurusan Akuntansi baik mahasiswa IBS maupun mahasiswa yang berasal dari unversitas lain.


Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran AGTI 2011 adalah
Mahasiswa                   : Rp 85.000 per orang.
Umum                        : Rp 110.000 per orang.
Early Bird s.d 22 November 2011
Mahasiswa                   : Rp 70.000 per orang 
Umum                        : Rp 95.000 per orang 

Hadiah
Untuk setiap session materi akan dipilih best question dari setiap peserta dan akan diberikan award

Konsep Acara
Step I Intro of IFRS adalah sesi pengenalan materi mengenai standar internasional yang berlaku saat ini. Dalam sesi ini, peserta akan diperkenalkan secara singkat mengenai perubahan standar pelaporan akuntansi keuangan. Ini terjadi pada hari pertama seminar, dimana ada 2 materi yang akan di berikan yaitu pembahasAn secara umum mengenai IFRS, lalu membahas secara khusus kaitan IFRS dengan akuntansi perbankan.

Step II Chorus sesi ini membahas secara khusus kaitan IFRS dengan perpajakan dan Pengauditan serta perbankan, ini kami adakan dengan harapan membantu para peserta yang mengikuti  seminar ini semakin paham dan tertarik mengenai IFRS dan juga memahami lebih dalam mengenai pajak, perbankan dan auditor, yang seperti kita ketahui ketiga lembaga tersebut merupakan tujuan utama dari para lulusan akuntansi.

Step III Bridge merupakan klimaks dari seminar ini yaitu pengumuman penanya dengan pertanyaan terbaik disetiap sesi dan pemberian award. Hal ini dilakukan untuk memberikan insentif kepada setiap peserta seminar agar dapat bersikap lebih aktif dan kritis dalam seminar.


So, what are you waiting for? Lets join us! :)